Selasa, 07 September 2010

Tuntut Keterlibatan Siswa dalam Pengambilan Kebijakan Sekolah !!

Salam Pelajar . .Salam Kejayaan Untuk Kita . . .

Salam Kawan. . . kembali kita dari SPS menuliskan sebuah Nota yang berisi tentang sebuah pandangan mengenai pengambilan kebijakan sekolah yang belum mencerminkan wujud demokratis. Tak diragukan lagi jika selain DEWAN GURU dan Pengurus Sekolah, SISWA merupakan KOMPONEN terpenting di dalam lingkup pendidikan di Sekolah ?? Benarkah semua itu ?? . Tentu kita semua sebagai siswa akan menjawab " YA".



Dewasa ini kawan, Semuanya tak sama seperti yang kita harapkan, banyak kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh sekolah tanpa ada campur tangan dan suara dari siswanya, biasanya kita hanya dikasih kertas selebaran yang berisi info tentang kebijakan tersebut tanpa pertanyaan apakah kita setuju atau tidak dengan program tersebut,bahkan tak jarang kita sendiri merasa "TERPAKSA" dengan keadaan yang telah di buat melalui kebijakan tersebut.Sederhananya adalah kasus kenaikan SPP di beberapa sekolah menurut pemantuan tim kami ditemukan bahwa pemngambilan kebijakan kenaikan SPP diputuskan sepihak oleh pihak sekolah tanpa mengajak pertisipasi SISWA,siswa baru tahu saat kebijakan tersebut telah diputuskan dan telah di sosialisasikan melalui berbagai cara sosialisasi yang dilakukan oleh pihak sekolah dan masih banyak kebijakan-kebijakan sekolah lainnya yang diputuskan sepihak, tanpa ada partisipasi dari siswa dalam pengambilan keputusan kebijakan sekolah. Hal ini jelas-jelas telah menggambarkan bahwa saat ini DEMOKRASI SISWA telah DiKEBIRI dan SUARA - SUARA PELAJAR telah TERPINGGIRKAN oleh SISTEM PEMBODOHAN !!!



Hari ini kawan, kita tuntut kembali HAK DEMOKRASI kita yang telah dirampas dengan PAKSA. Kita PELAJAR punya sisi INTELEKTUAL,Kita bukan KERBAU kawan yang bisa terus-menerus bisa mereka BOHONGI dengan SISTEM PEMBODOHAN yang selama ini kita sadari.Saatnya kawan kita belajar untuk BERANI berkata "TIDAK" jika memang "TIDAK" dan MELAWAN JIKA d'TINDAS, KITA PUNYA HAK UNTUK MENYUARAKAN HATI NURANI KITA dan KITA JUGA PUNYA HAK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEBIJAKAN SEKOLAH, Jika kita mencari momen yang tepat untuk sekedar meringankan beban pundak ORTU, mungkin ini momen yang tepat karena jika kita hanya bisa DIAM dan MENERIMA begitu saja semuanya maka HAK-HAK kita akan terus dikebiri dan terus seperti ini, sedangkan ORTU kita juga merasakan akibat dari adanya KEBIJAKAN yang LAHIR DENGAN MERAMPAS HAK DEMOKRASI KITA TERSEBUT .



AYO KAWAN KEMBALI KITA REBUT HAK DEMOKRASI KITA !!!


Kita bangun PENDIDIKAN di INDONESIA dan WUJUDKAN PENDIDIKAN UNTUK SEMUA ANAK BANGSA!!





SALAM PELAJAR !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar